Bos Apple Titip Pesan Pedas ke Warga RI yang Pakai iPhone

Otomotif1166 Dilihat

Daengmedia.comJakarta,┬áPesan “pedas” datang dari bos Apple soal penggunaan gadget khususnya handphone (HP). CEO Apple Tim Cook mengaku skeptis dengan perkembangan teknologi, apalagi jika sampai membuat manusia kecanduan.

Hal ini disampaikan oleh sang Cook dalam wawancara dengan GQ. Cook diminta tanggapan oleh jurnalis soal tendensi masyarakat modern yang terus-terusan melihat layar HP dan mempengaruhi kondisi mental mereka.

“Filosofi saya, jika Anda melihat layar lebih lama ketimbang bertatapan mata dengan sesama manusia, ada yang salah dengan Anda,” kata Cook dalam wawancara itu, dikutip Rabu (18/5/2023).

Ia lalu mengingatkan bahwa iPhone memiliki fitur ‘Screen Time’ yang bisa menunjukkan durasi pengguna menjajal HP. Cook mengatakan fitur itu sengaja dibuat agar pengguna menyadari apakah relasi mereka dengan HP masih dalam batas normal atau sudah berbahaya.

“Saya sangat disiplin mengecek laporan Screen Time untuk mengetahui apakah saya terlalu lama di depan HP,” ujarnya.

Bagi generasi yang tidak lahir di era digital, mungkin melepas kecanduan terhadap HP merupakan hal yang lebih mudah. Namun, bagi generasi yang lahir dan langsung kenal dunia digital, tentu hal ini lebih sulit.

Pasalnya, batasan antara dunia digital dan dunia nyata seakan lebih tipis karena hampir semua interaksi dan pencarian informasi dilakukan secara online.

Hal ini pun diakui Cook. “Anak-anak sekarang lahir di era digital. Saya rasa penting untuk membuat batasan yang jelas bagi mereka,” katanya menuturkan.

Cook mengatakan bahwa esensi utama dari teknologi adalah membantu manusia melakukan apa yang sebelumnya tak bisa mereka kerjakan. Selain itu, mempelajari hal yang sebelumnya tak bisa terakses.

“Peran teknologi sebatas itu. Sangat disayangkan jika orang-orang menghabiskan waktu terlalu lama dari yang seharusnya di depan HP,” pungkasnya.

Negara Kecanduan HP

Indonesia menjadi negara yang paling kecanduan menatap layar HP. Ini diketahui dari laporan firma riset data.ai bertajuk “State of Mobile 2023”.

Laporan tersebut mengungkap Indonesia menjadi pengguna tertinggi yang menghabiskan lebih dari 5 jam setiap hari menggunakan perangkat mobile (HP dan tablet).

Masyarakat RI menghabiskan waktu rata-rata 5,7 jam setiap harinya menatap layar HP sepanjang 2022. Angka ini meningkat tajam dari durasi main HP rata-rata 5,4 jam per hari di 2021.

Kecanduan HP orang Indonesia meningkat tajam sejak periode pandemi pada 2020 lalu. Laporan data.ai menunjukkan lama menggunakan HP orang Indonesia tembus 5 jam sehari untuk pertama kalinya. Dibandingkan tahun 2019, angkanya hanya 3,9 jam sehari atau 1,1 jam lebih singkat.

Tak hanya Indonesia, Brasil, Arab Saudi, Singapura, dan Korea Selatan melampaui 5 jam per hari di perangkat seluler sepanjang tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *