Google akan Mulai Hapus Jutaan Akun Gmail, Berikut 3 Cara Agar Akunmu Aman

Google akan Mulai Hapus Jutaan Akun Gmail, Berikut 3 Cara Agar Akunmu Aman

Daengmedia.comGoogle bakal menghapus akun Gmail yang sudah tak aktif selama 2 tahun. Hal ini disampaikan melalui blog resmi raksasa mesin pencari tersebut.

Namun bukan berarti Google akan semena-mena menghapus akun seseorang begitu saja, Ada beberapa hal yang akan Google perhatikan terlebih dahulu.

Pertama-tama, kebijakan baru tersebut hanya akan berdampak pada akun yang telah lama tidak di gunakan, Akun-akun seperti yang sudah lebih dari dua tahun tidak disentuh.

Kedua, pembersihan akun ini akan dimulai Desember 2023, Jadi kamu masih memiliki waktu sekitar 6 bulan untuk mulai mengoperasikan akun Google anda kembali.

Dan ketiga, kebijakan ini hanya berlaku untuk akun pribadi saja, Misal alamat email untuk bisnis akan aman meskipun sudah lama tidak di operasikan.

Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dunia maya.

Karena akun yang sudah lama ataupun jarang digunakan lebih beresiko terkena ancaman keamanan, virus, spam dan pembajakan akun.

“Analisis internal kami menunjukkan akun yang ditinggalkan (tidak digunakan) setidaknya 10x lebih kecil beresiko terkena ancaman daripada akun aktif yang padahal sudah memakai verifikasi dua langkah,” ungkap Google di blognya baru-baru ini.

“Untuk mengurangi risiko ini, kami memperbarui kebijakan ketidakaktifan untuk Akun Google menjadi 2 tahun.

“Mulai akhir tahun ini, jika Akun Google tidak digunakan atau tidak digunakan selama minimal 2 tahun, kami dapat menghapus akun dan kontennya – termasuk konten dalam Google Workspace (Gmail, Dokumen, Drive, Meet, Kalender) dan Google Foto .”

Ada tiga cara yang bisa dilakukan agar akun Google tidak terancam dihapus oleh Google.

Pertama, masuk ke dalam akun Google anda minimal sekali dalam kurun waktu dua tahun.

Kedua, lakukan aktivitas di handphone atau komputer anda yang terhubung dengan akun Google.

Seperti mengirim email atau membaca email, menonton Youtube, memakai Google Search, mendownload aplikasi dari Play Store dan lain-lain.

Ketiga, akun Google yang ditautkan ke aplikasi, publikasi berita, atau Goofle One juga sudah terhitung sebagai aktivitas akun yang akan membuat akun Google anda tidak akan dihapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *