Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 1426/Takalar Gelar Latihan Menembak Periodik

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 1426/Takalar Gelar Latihan Menembak Periodik

TakalarDM, Dalam rangka pembinaan dan peningkatan kemampuan menembak bagi para prajuritnya, Kodim 1426/Takalar kembali melakukan kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) di lapangan tembak Yonif 726/Tml, Rabu (16/03)

Latihan menembak sebagai salah satu bentuk pembinaan personel secara terprogram dan terencana yang bertujuan untuk memelihara dan mengasah kemampuan prajurit dalam hal menembak. Kegiatan menembak senjata ringan ini sudah dikenalkan prajurit sejak mengikuti pendidikan pembentukan di lembaga-lembaga pendidikan militer baik pendidikan pembentukan Tamtama, Bintara maupun Perwira.

Ditemui disela-sela kegiatan, Komandan Kodim 1426/Takalar, Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P, M.Si.,M.Tr (Han) mengatakan latihan menembak senjata ringan merupakan suatu program latihan yang harus dilaksanakan secara rutin dan terencana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit guna menghadapi tuntutan tugas.

Sebagai seorang prajurit, kata Dandim, kemampuan dasar seorang prajurit tidak boleh dilupakan begitu saja, akan tetapi harus terus diasah dan dipertajam untuk menghadapi tantangan tugas ke depan.

Meski Kodim merupakan satuan teritorial yang lebih mengutamakan soft power dalam bertugas, namun sebagai prajurit komando kewilayahan kemampuan seorang prajurit harus selalu siap dalam menghadapi situasi apapun, ungkap Dandim

Dandim juga mengingatkan walaupun kegiatan latihan ini sudah lazim dilakukan oleh prajurit, namun mengikuti prosedur latihan hukumnya adalah wajib.

Selain itu, Dandim menegaskan bahwa indikator keberhasilan latihan adalah faktor keamanan. Sebuah latihan tidak akan berarti jika terjadi kecelakaan namun sebaliknya jika latihan berjalan dengan aman dan lancar maka itu adalah keberhasilan latihan. Untuk itu saya tekankan kepada seluruh prajurit, agar bersikap disiplin dengan mematuhi segala mekanisme latihan dan aturan di lapangan tembak, tegas perwira jebolan akmil 2002 ini

Dandim menambahkan sebelum melaksanakan latbakjatri, terlebih dahulu diadakan apel pengecekan sekaligus menekankan dalam pelaksanaan kegiatan harus betul-betul menerapkan prosedur keamanan dalam menembak. Semua prajurit sama-sama bertanggung jawab atas tertibnya pelaksanaan latihan menembak sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan lancar, tegas Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *