HUT Takalar ke 62, Hamka B Kady Berikan Kado Spesial

BERITA28 Dilihat

TakalarDM, Tepat 10 Februari 2022 Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan genap berusia 62 tahun. Takalar Bangkit, Sehat dan Kreatif akan menjadi tema yang diangkat dalam peringatan hari jadi tahun ini.

Hamka B Kady, Anggota Komisi V DPR RI, daerah pemilihan (Dapil) Sulsel I yang salah satunya meliputi Takalar turut mempersembahkan ‘kado’ spesial untuk rakyat Takalar.

Politisi Golkar tersebut mengucurkan program khusus di Kabupaten Takalar tahun anggaran 2022. Di antaranya:

  • BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) atau Bedah Rumah sebanyak 411 Unit
  • P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) Sebanyak 50 Lokasi
  • PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) sebanyak 4 Lokasi
  • Jembatan Gantung di Desa Ko’mara Kecamatan Polut dengan anggaran
  • Program KOTAKU di 2 Lokasi
  • Program SPALD-S di 7 Lokasi
  • ABSAH di 2 Lokasi
  • Bantuan Modal untuk 1 BumDes
  • Sanitasi Pondok Pesantren -+ 5 lokasi

Jika ditotal program yang diturunkan melalui aspirasi Hamka B. Kady yang sebagian besar dikerjakan dengan model padat karya dan melibatkan masyarakat setempat ini senilai Rp 31.020 Miliar.

Tak sampai disitu, Hamka B Kady juga tengah mengupayakan penyelesaian proyek Bendungan Pamukkulu yang terletak di bagian hulu Sungai Pappa Kabupaten Takalar.

Hamka B Kady merupakan sosok legislator yang begitu gigih sejak awal terpilih di periode pertama tahun 2014 lalu memperjuangan realisasi pembangunan bendungan ini.

Pada akhirnya, pembangunan Bendungan Pamukkulu ini dimulai pembangunannya sejak 15 November 2017.

Progres konstruksinya pun sudah mencapai 28 persen dan saat ini tengah dilakukan upaya percepatan sehingga dapat diairi pada awal tahun 2024.

Anggaran pembangunan Bendungan Pamukkulu ada 2 paket.

Paket pertama sebanyak Rp 855 miliar lebih. Paket kedua Rp 811 miliar lebih. Berarti bendungan ini akan menelan anggaran hampir Rp 1,7 triliun.

Provinsi Sulawesi Selatan, salah satunya Kabupaten Takalar menjadi lumbung pangan nasional. Terdapat hamparan lahan persawahan di atas 3.000 hektar yang sulit ditemui di daerah lain.

Keberadaan Bendungan Pamukkulu memiliki beberapa manfaat yang luar biasa, yaitu dapat mensuplai air untuk jaringan irigasi seluas 6.256 hektar.

Diharapkan Indek Pertanian (IP) di Kabupaten Takalar akan meningkat dari 150 % menjadi 250 % dengan pola tanam padi – padi – palawija”.

Manfaat lain dari Bendungan Pamukkulu adalah sebagai penyedia air baku untuk Kabupaten Takalar sebesar 160 liter/detik, dapat mereduksi dan mengendalikan ancaman banjir, dan sebagai konservasi untuk air tanah.

Kemudian bendungan ini juga memiliki potensi untuk pembangkit listrik tenaga air sebesar 4,3 MW, serta dapat dimanfaatkan untuk pariwisata.

“Saya sangat bangga merintis bendungan ini sampai dibangun, insyaallah 2024 selesai dan warga Takalar bisa menikmatinya. Saya akan kawal dari sisi proyek dan penganggarannya di DPR. Ini janji saya,” tegas Hamka B Kady(sulse.fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *