Usia Paling Ideal untuk Ajarkan Uang ke Anak

BERITA427 Dilihat

Daengmedia.com – Mengajarkan tentang uang kepada anak bisa dilakukan sedini mungkin. Untuk itu, penting bagi orang tua mengetahui bagaimana dan kapan waktu yang tepat mengenalkan kepada anak-anak tentang konsep uang.

Menurut para ahli, usia yang tepat mengajarkan tentang uang pada anak yaitu saat anak mulai bertanya dan penasaran tentang uang.

Adapun kuncinya yakni memulai diskusi lebih awal, mengajarkan sesuai usia, dan menunjukkan pada anak bagaimana ayah dan ibu mereka menggunakan uang sebagai alat transaksi.

“Memiliki tanggung jawab keuangan yang baik sangat penting agar sukses dalam hidup karena keterampilan uang memengaruhi pencapaian penting, seperti menikah, mendapatkan pekerjaan, atau membeli rumah,” kata Susan Hirshman, direktur manajemen kekayaan di Schwab Wealth Advisory, kepada CNBC Make It.



Menurut Seth Wunder, kepala investasi di Acorns, anak-anak yang tidak terdidik secara finansial bisa terjebak utang seperti paylater yang kini marak di mana-mana.

Sementara itu, Eric Landolt, kepala penasihat keluarga di UBS Global Wealth Management, mengatakan literasi keuangan harus menjadi keterampilan dasar bagi semua orang dalam keadaan apa pun. Keputusan terkait uang juga dapat memiliki dampak yang lebih luas pada masyarakat, tergantung pada bagaimana uang itu dibelanjakan dan diinvestasikan.

Lantas kapan waktu tepat mengajarkan keterampilan uang kepada anak-anak?

Para ahli memiliki pendapat bahwa waktu terbaik untuk mengajari anak tentang uang adalah saat anak mulai belajar atau bisa menghitung. Wunder mengatakan enam tahun adalah usia di mana anak-anak mulai dapat memahami konsep uang.




Pada saat anak-anak berusia tujuh tahun, banyak kebiasaan finansial mereka yang sudah terbentuk. Namun, anak-anak ingin tahu tentang uang jauh lebih dini daripada yang diperkirakan banyak orang tua.

Hirshman menyarankan agar orang tua mengenalkan konsep uang ke anak di usia lebih dini lagi, yakni antara usia 3 atau 4 tahun.

“Ini adalah saat mereka memiliki kemampuan untuk membuat pilihan dan alasan,” kata Hirshman.

Sementara itu, Landolt berpendapat bahwa usia lima tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai, karena anak-anak paling mudah menerima pesan tentang nilai-nilai keluarga yang disampaikan oleh orang tua atau kakek nenek.



Menurut Landolt anak-anak yang beranjak remaja, antara usia 12 dan 15 tahun, mereka dapat diberikan lebih banyak tanggung jawab seperti mengatur anggaran yang kecil, termasuk konsep seperti membelanjakan, menabung, dan memahami bagaimana keputusan membelanjakan uang dapat memengaruhi hidup mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *