BMKG: Ada Potensi Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan, Badai Dekati Sulsel

BERITA24 Dilihat

JakartaDM, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi cuaca ekstrem dalam tiga hari depan. Cuaca ektrem ini lebih eskalatif pada beberapa wilayah di RI.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa potensi cuaca ekstrem ini bisa terjadi berupa hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir.

Potensi cuaca ekstrem ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Aceh yang membentuk daerah konvergensi memanjang di perairan utara Aceh dan dari Sumatera Utara hingga Aceh.

Sirkulasi lainnya terpantau di utara Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Maluku hingga Laut Banda dan di Papua Barat.

Sementara, daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, di Kalimantan Selatan, di Sulawesi Tengah, di Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan, di Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) yakni di Laut Jawa, Laut Flores, Sulawesi bagian selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Maluku.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklon tropis, bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” kata Guswanto.

Oleh karena itu BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk beberapa daftar wilayah berikut, yang diimbau waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir, 26-28 Februari 2022.

Potensi cuaca ekstrem 26 Februari 2022

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua, Maluku Utara, DKI Jakarta.

Potensi cuaca ekstrem 27 Februari 2022

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Selain itu, potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Papua Barat, Papua, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, DKI Jakarta.

Potensi cuaca ekstrem 28 Februari 2022

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Bali.

Sementara itu, daftar wilayah yang berpotensi angin kencang dalam 3 hari ke depan, pada tanggal 26-28 Februari 2022 adalah Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.(pedoman.media)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *